Saturday 21 November 2015

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Indonesia sangat kaya rempah-rempah. Bahkan salah satu alasan kenapa dulu bangsa kita di jajah adalah karena kekayaan rempah-rempah yang kita miliki. Salah satu kekayaan alam indonesia yang banyak digunakan masyarakat sampai saat ini adalah bawang merah. Sebut saja bawang goreng , dan atau pada banyak bumbu masakan atau kuliner indonesia. Namun, selain bermanfaat menjadi bumbu atau pelengkap makanan, ternyata bawang merah memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan.

manfaat bawang merah untuk kesehatan


1. Bawang Merah Menyehatkan Jantung
Dengan mengonsumsi bawang merah, berarti kita juga menyerap banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain jantung, bawang merah juga baik untuk kesehatan paru-paru dan liver.

2. Bawang Merah untuk Mengontrol Kelebihan Gula Darah (Diabetes Melitus)
Kenapa bagus untuk mengontrol gula darah? Bawang merah (mentah) dipercaya mampu meningkatkan produksi insulin, dengan demikian, gula darah akan terkontrol dengan baik.

3. Bawang Merah Bermanfaat untuk Mencegah Kanker
 Salah satu kandungan bawang merah hubungannya dengan pencegahan kanker adalah senyawa belerang dan sulfur yang dimilikinya. Kandungan tersebut bagus untuk mencegah berbagai resiko penyakit kanker, seperti kanker usus, kanker lambung, dan lain-lain.

4. Bawang Merah bisa Mengatasi Radang Tenggorokan
Akhir-akhir ini, pada masa pergantian musim, banyak sekali orang baik anak-anak ataupun orang dewasa yang tidak hanya terserang flu, namun juga radang tenggorokan. Perlu kita ketahui bahwa radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Untuk mencegah penyakit radang tenggorokan, konsumsilah bawang merah. Kandungan nutrisi yang dimilikinya dipercaya bisa mencegah dan mengatasi penyakit radang tenggorokan.

5. Bawang Merah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan
Bawang merah memiliki kandungan kromium yang bisa membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsinya sehari-hari bisa membantu program diet anda. Anda bisa mencoba mengkonsumsi tiga sampai empat siung setiap harinya.

Demikian beberapa manfaat bawang merah yang merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia. Baca juga mengenai manfaat kencur dalam mengobati batuk dan manfaat rempah-rempah lainnya hanya di blog ini. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment