Thursday 18 February 2016

Manfaatkan Daun Pisang Untuk Kesehatan


manfaat daun pisang - Pohon pisang terbilang mudah ditemukan di Indonesia, terutama di pedesaan. Hampir disetiap kebun di pedesaan bisa ditemukan pohon pisang. Mungkin saat ini jumlahnya berkurang, namun pohon pisang ini mudah untuk ditanam. Selain buahnya, ternyata daun pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. 

Pisang merupakan buah yang tidak asing lagi di telinga kita dan buah ini juga dijadikan makanan favorit para bayi. karena teksturnya yang lembut rasanya manis membuat buah  ini digemari oleh banyak orang. sementara itu, kandungan nutrisi di dalam buah pisang juga sangat banyak diantaranya kalium, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, dan mineral. tapi tidak hanya disitu saja selain buahnya daun pisang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan lho.

Daun pisang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh
manfaat daun pisang bagi kesehatan
Biasanya kita sebagai masyarakat indonesia lebih mengetahui kegunaan daun pisang hanya untuk membungkus makanan saja dan apakah anda tahu membungkus makanan dengan daun pisang akan mempunyai cita rasa yang unik dan bertambah nikmat. kenapa demikian? sebab didalam daun pisang mengandung polifenol dan polifenol sendiri biasa di temukan di dalam daun teh jadi sudah bukan hal aneh lagi jika daun pisang dapat merubah cita rasa makanan. namun, bagaimanamanfaatnya untuk kesehatan berikut ulasan yang telah insomniaku.co rangkum untuk anda dibawah ini:

1) memperbaiki sel kulit
di dalam daun pisang mengandung allantolin yang terbukti mampu mengganti sel-sel lapisan kulit yang mati dengan yang baru.jadi sangat baik bagi wanita yang ingin tampil cantik dari dalam secara alami. selain untuk kecantikan peran allantolin juga bisa untuk yang lain seperti dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan membunuh kuman.

2) penghilang demam tradisional
ada satu nih yang saya yakin anda baru mengetahuinya soal ini yakni dapat meredakan demam dan ini merupakan warisan dari nenek moyang bangsa indonesia. cara penggunaanya cukup mudah yakni ambil daun pisang yang masih muda cukup satu pelepah saja kemudian bersihkan menggunakan kain bersih dan oleskan minyak kelapa kedaun tersebut. selanjutnya, tempelkan daun pisang yang telah dioleskan minyak kelapa ke dahi anda.

3) penetralisir akibat gigitan serangga
daun pisang cukup manjur dijadikan obat alami akibat pengaruh lingkungan karena kandungan antioksidan alami yang begitu tinggi dapat meredakan gigitan serangga dengan cepat seperti gigitan semut, lebah, nyamuk,dan laba-laba. selain itu juga bisa dijadikan untuk mengobati iritasi pada kulit karena akibat lainya.

4) mengatasi peradangan kulit
kulit kita cenderung sangat sensitif bila terkena gangguan lingkungan yang buruk. dan salah satu masalah kulit adalah peradangan namun anda tidak perlu khawatir sebab daun pisang juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan salep alami. caranya dengan menambahkan ekstrak daun pisang muda, minyak zaitun dan beeswax/lilin tawon lebah. sementara itu, jika ingin menghilangkan bekas luka ringan caranya yakni dengan mencampurkanya dengan cabai rawit serta comfrey dan anda hanya perlu menempelkanya ke kulit yang bermasalah tersebut.

Jika sebelumnya daun pisang hanya dimanfaatkan sebagai kemasan tradisional untuk kue-kue tertentu, atau untuk makanan lainnya, Ternyata sekarang kita mengetahui besarnya manfaat daun pisang ini untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. So, mari lestarikan pohon pisang ini lagi...

No comments:

Post a Comment